Pengenalan Dasar mengenai Aspect Ratio pada Foto

Kali ini saya ingin share beberapa hal mengenai Aspect Ratio pada foto. Mungkin anda pernah kesal saat mau upload foto di instagram, karena foto yang komposisinya udah mantap, ajib dan makyos dengan terpaksa harus di cropping menjadi ukuran kotak ? hehehe…

Itu karena si Instagram menggunakan aspect ratio yang berbeda dengan aspect ratio kamera gadget ataupun dengan kamera lain yang anda gunakan untuk mengambil foto.  Untuk mempermudah contoh dan penjelasan mengenai aspect ratio ini, saya akan gunakan satu foto yang sama yaitu foto diatas. Soalnya kadang kita jadi bingung sendiri jika foto atau image yang ditampilkan beda beda, jadi mari kita mulai sedikit share dari saya mengenai aspect ratio ini.

Bagi kebanyakan orang, baik yang masih awam didunia fotografi maupun pemula, pengaturan aspect ratio di kamera digital seperti belum terlalu diperhatikan. Sering kali dalam melakukan cropping hanya berdasarkan feeling saja yang penting tangan model gak kepotong atau perdasarkan pada pandangan ke arah point of interest saja. Coba dibayangkan jika saya seenaknya saja melakukan cropping pada foto diatas menjadi begini… hehehe… kurang jelas kan jadinya ?

Tetapi hal seperti ini seringkali terjadi saat kita melakukan cropping tanpa memperhatikan aspect ratio. Salah satu sebab, kurangnya pemahaman mengenainya. Lalu apa itu aspect ratio? Aspect ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi pada sebuah gambar. Cara untuk mengubah aspect ratio sebuah foto pada photshop adalah dengan menggunakan cropping tools dan memasukkan angka perbandingan aspect rationya. Lihat kotak merah pada image berikut ini:

Ada hal yang penting yang diingat saat melakukan perbaikan atau perubahan pada aspect ratio ini, yaitu jangan melupakan aturan komposisi dasar yaitu Rule of Thirds. Karena dalam aspect ratio apapun, aturan dasar ini tetap bekerja dan saya sarankan pada pengaturan di Photoshop tetap mengaktifkan fitur Rule of Thirds ini, lihat pada image diatas pada view: Rule of Thirds.

Saat ini ada 6 aspect ratio yang umum dikenal dalam dunia fotografi, yaitu :

1. Aspect ratio 1:1

Aspect ratio berbentuk kotak persegi ini memiliki lebar dan tinggi dengan hitungan sebanding. Sekarang aspect ratio ini kembali banyak digunakan oleh aplikasi foto pada perangkat smartphone setelah Instagram mempopulerkannya. Malah beberapa pengguna menjadi bingung karena terpaksa meng-cropping fotonya menjadi  kotak.. hehehe… Tapi sebelum populer oleh Instagram, aspect ratio 1:1 merupakan ukuran standar dari kamera Hasselblad yang memiliki ukuran 6x6cm.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 1:1 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

2. Aspect ratio 5:4

Aspect ratio 5:4 biasanya digunakan pada kamera large format dan kamera yang menggunakan film yang berbentuk lembaran. Kebanyakan ukuran foto yang dihasilkan memiliki ukuran 8×10 inci.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 5:4 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

3. Aspect ratio 4:3

Media penyiaran TV dan video umumnya menggunakan aspek rasio ini dengan ukuran atau resolusi 640×480 pixel. Kamera bersensor kecil dan kamera saku yang mengusung sistem sensor CCD umumnya menggunakan aspect ratio ini. Tidak hanya itu saja, kamera dengan ukuran sensor four third atau 4/3 dan kamera micro four Third (MFT) juga paling banyak menggunakan format ini. Pada kamera medium format, aspect ratio 4:3 juga dikenal pada kamera medium format “645″ yang sebenarnya merujuk pada ukuran hasil foto berdimensi 6×4.5cm.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 4:3 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

 

4. Aspect ratio 3:2

Aspect ratio ini mulai populer dan digunakan ketika Oskar Barnack memutar film negatif menjadi 90 derajat dan menggandakan lebar frame sehingga menghasilkan film negatif berukuran full frame 24x36mm yang sama seperti film yang digunakan kamera format 35mm. Hampir semua DSLR masa kini yang menggunakan ukuran sensor besar menggunakan format 3:2 ini.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 3:2 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

5. Aspect ratio 16:9

16:9 bukanlah aspect ratio yang sesungguhnya atau lazim digunakan di kamera digital. Tapi bukan berarti aspect ratio ini tidak dapat digunakan. Beberapa fotografer menggunakannya untuk memberikan nuansa sinematik pada hasil foto.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 16:9 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

6. Aspect ratio 2.35:1

Ini adalah aspect ratio yang paling lebar dan sangat jarang digunakan pada dunia fotografi. Hal tersebut dikarenakan saat ini belum ada kamera digital yang mendukung aspect ratio ini. Karena memiliki ukuran yang sangat lebar, jika di-crop ke aspect ratio 4:3, maka setengah dari gambar Anda akan terbuang. Aspect ratio ini dapat dijumpai pada film untuk keperluan film layar lebar.

Contoh foto diatas yang kita jadikan dengan aspect ratio 2.35:1 pada Photoshop adalah menjadi seperti berikut:

Aspek Ratio 16:9 seringkali digabungkan dengan 2.35:1 oleh penyuka foto dengan aliran cinematic photography, dengan mejadikan bagian perpotongan foto tersebut berwarna hitam yang disebut juga dengan letter box.Untuk lebih jelas dan detail mengenai aspect ratio di cinematic photography dalam dilihat pada postingan saya berikut nya.

Disadari atau tidak, aspect ratio sebenarnya sangat mempengaruhi komposisi sebuah foto. Dengan memahami aspek rasio maka Anda akan dapat lebih mudah menghasilkan foto dengan komposisi yang lebih baik. Penggunaan aspect ratio yang berbeda mempengaruhi hasil foto dengan komposisi yang berbeda juga.

Berikut perbandingan hasil dari ke-6 aspect ratio yang kita bahas diatas:

Aspect ratio 1:1

 

Aspect ratio 5:4

 Aspect ratio 4:3

Aspect ratio 3:2

Aspect ratio 16:9 

Aspect ratio 2.35:1

Semoga bermanfaat.

Salam,

Purnawan Hadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s