Pemotretan dengan kamera HP

Satu hal yang paling sering dan juga kadang paling seru dibahas dalam fotografi adalah dengan kamera apa kita memotret. Beberapa orang sangat peduli dengan jenis dan kelas kamera (yang tentunya juga harga kameranya) yang digunakan, tipe fotografer begini biasanya gak peduli hasil motretnya, yang penting terlihat keren bawa kamera dan terkesan profesional… eits, jangan komplain dulu kalau gak mau dituduh masuk golongan yang ini hehehe….

 Foto ini saya ambil menggunakan kamera Handphone Axioo Gea, disaat istirahat dalam sebuah sesi pemotretan Fashion Bikini , untuk lighting menggunakan satu reflektor disisi kanan model.

 

Beberapa lainnya malah gak peduli dengan jenis kameranya, yang penting hasilnya bagus dan bisa memaksimalkan kamera apa yang dia miliki untuk memotret. Fotografer yang begini biasanya akan berusaha menambah skill nya dalam memotret jika melihat ada foto yang sangat bagus, dan bukannya menyalahkan kameranya yang kurang mahal makanya gak bisa membuat sebuah karya foto yang bagus. Ada yang merasa masuk ke golongan yang kedua ini ? 🙂

 

Saya ingat saat melihat acara fotografi disebuah Stasiun TV swasta, dibawakan oleh salah satu fotografer favorit saya yaitu Bang Jerry Aurum. Saat itu Bang Jerry menjelaskan teknik mometret sambil melakukan pemotretan diarea pasar, dia menggunakan kamera DSLR kelas medium dengan lensa idaman semua fotografer :), namun yang membuat saya antusias adalah saat Bang Jerry melakukan pemotretan terhadap beberapa object dari berbagai sudut, dia mengeluarkan sesuatu dari celananya… maaf, lebih tepatnya dari saku celananya… yups, sebuah Hape dan dia mulai memotret dengan kamera Hape nya tersebut. Sambil menjelaskan bahwa sudut pengambilan dan komposisi yang baik dari foto yang diambilnya.

 

 

 Mi Ayam Bakso, foto ini diambil menggunakan kamera Handphone Asus Zenfone5, menggunakan menu “Deep of Field” yang membuat bukaan diagfragma kamera menjadi besar sehingga efek blur di latak belakang bisa menjadi seperti ini

 

Selain itu saya juga pernah lihat beberapa buku fotografi yang ada di toko buku, yang membahas mengenai Phoneografi, alias fotografi menggunakan HandPhone alias hape.  Wah, ternyata ada juga yang membahas hal ini secara serius dan detail. So, ayo jangan malu untuk menjadikan kamera Hape sebagai salah satu kamera yang serius dengan hasil yang bagus.

 

Nah, bagi yang udah mempunyai Hape dengan kamera yang bagus… ayo jangan disiasiakan kesempatan untuk belajar memotret secara lebih serius tanpa harus mengeluarkan budget lebih untuk beli kamera mahal. Karena kamera hape menunya auto semua, akan memudahkan memotret tanpa pusing memikirkan pengaturan atau setting kamera. Walau beberapa kamera hape juga menyediakan settingan untuk ISO dan lain sebagainya, menu auto adalah yang paling saya rekomendasikan. Lalu apa yang utama yang harus diperhatikan saat memotret menggunakan kamera hape ini ?

 

Sama seperti memotret menggunakan kamera lainnya, selain hal teknis, masalah komposisi dan sudut pengambilan foto adalah yang utama. Untuk pembahasan mengenai komposisi bisa dibaca lebih lanjut di tulisan saya mengenai komposisi dengan judul Rule Of Third – Komposisi dasar untuk pemotretan, sedangkan untuk sudut pengambilan, cara terbaik untuk belajar dan melatihnya adalah dengan banyak memotret menggunakan aturan komposisi tadi.

 

Untuk yang mau beli hape dan ingin memotret dengan hasil yang cukup bagus, gak perlu musti beli hape dengan budget tinggi… resolusi 5 MP hingga 8 MP sudah cukup bagus. Seperti saya pribadi menggunakan AsusZenfone5 dengan resolusi kamera maksimum 8 MP, saya hanya meletakkan settingan di 6MP saja 🙂

 

Jadi, mari tetap memotret dengan baik dan berlatih walau menggunakan kamera Hapenya. Jangan hanya digunakan untuk selfie aja ya.. hehehe… Dan buat yang sudah punya kamera yang canggih, juga jangan minder motret pake kamera Hapenya, setidaknya untuk tetap melatih dan mengasah “sense of photography”nya dan jangan menyalahkan kamera jika hasil fotonya masih kurang bagus. 🙂

 

Salam,

Purnawan Hadi

www.purnawanhadi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s