Pemotretan Model Fashion Anak untuk Kalender 2018

Kali ini saya ingin share mengenai salah satu sesi pemotretan yang cukup menarik, yaitu untuk pemotretan Kalendar Tahun 2018. Klien saya adalah salah satu sekolah Model yang ada di kota Solo, jawa Tengah. Yang menjadi poin menarik sekaligus tantangan buat saya adalah karena adanya sesi pemotretan untuk anak anak dan remaja.

Pemotretan untuk anak anak menjadi sebuah perhatian khusus buat saya dan tantangan tersendiri untuk bisa membuat foto yang menampilkan sisi anak anak tanpa memaksa mereka berpose layaknya remaja atau orang dewasa.

Khusus mengenai foto sesi fashion untuk anak ini, dalam konsep yang diinginkan oleh pihak Klien adalah menginginkan hasil yang menunjukkan keceriaan anak anak yang menjadi murid dari sekolah model tersebut, pengambilan foto akan dilakukan outdoor dengan ada 5 anak dalam satu frame.

Hasilnya adalah sebagai berikut :

purnawan-hadi-7410

Setting lighting yang saya gunakan adalah sebagai berikut :

Screen Shot 2018-01-08 at 20.46.02
http://www.lightingdiagram.com

Secara teknis, dengan posisi matahari yang cukup terik dan pengambilan foto dilakukan sekitar jam 12 siang, saya mengakali cahaya terik matahari dengan menempatkan objek pada area bayangan pohon, sehingga cahaya yang jatuh pada objek bisa menjadi lebih lembut.

Dengan penempatan objek di area bayangan pohon ini juga mempunyai efek lain, yaitu beberapa area akan menjadi terlalu gelap. Oleh karena itu saya tambahkan dua flash untuk mengisi babian yang kurang cahaya tersebut.

Pada sisi kiri saya taruh flash naked tanpa ada pelembut cahaya, tetapi dengan bukaan flash 35mm, sehingga sebaran cahayanya cukup luas. Power 1/2. Pada sisi kanan saya taruh flash dengen payung putih sebagai pelembut cahaya dengan full power.

Nah, seperti yang saya sampaikan pada bagian awal tulisan ini, tantangan terbesarnya adalah bagaimana mengarahkan dan membuat anak anak tersebut bisa menampilkan keceriaan dan gaya kanak kanak mereka dalam satu frame yang bagus.

Trik paling penting dalam sesi foto dengan anak anak ini adalah dengen membawa orang atau keluarga dari anak anak tersebut dalam sesi pemotretan dan mengajak meraka untuk dapat bekerjasama dalam mengarahkan anak anak agar bisa mendapatkan foto sesuai dengan yang diinginkan.

Until mendapatkan foto diatas, saya musti mengambil beberapa foto dengan ada jeda istirahat beberapa saat untuk mendapatkan mood yang bagus dari anak anak yang akan difoto.

Berikut beberapa pilihan hasil foto pada sesi ini sebelum akhirnya saya memutuskan memilih file nomer 103.

Screen Shot 2018-01-11 at 22.16.47

Semoga tulisan ini bermanfaat dan  jika pembaca ingin melihat hasil akhir foto lainnya untuk pemotretan kalender ini dapat dilihat pada gallery behance saya ini.

Terimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s