Memilih Kamera, antara DSLR dan Mirrorless

Untuk beberapa teman teman yang ingin membeli kamera untuk pertama kali, mungkin ada banyak pertanyaan apakah akan menjatuhkan pilihan pada DSRL atau Mirrorless.  Pada tulisan kali ini saya mencoba untuk membahasnya secara simple dan mudah untuk dimengerti tanpa banyak menggunakan istilah teknis yang akan membingungkan.

Namun sebelum melanjutkan untuk membaca tulisan ini, saya menyarankan untuk tetap menjadikan “budget” sebagai dasar utama untuk memutuskan pilihan. Jadi jika  budget masih belum mencukupi, maka tundalah untuk membeli dengan terburu buru 🙂

Nah, sekarang kita lanjutkan pembahasan ini.

Screen Shot 2018-01-19 at 07.00.51
Berbagai variasi Kamera DSLR

DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex, pada kamera jenis ini cahaya dari lensa hingga ke viewfinder akan melalui mekanisme cermin pantul, sehingga untuk pemasangan mekasime tersebut memerlukan ruang yang cukup besar dan membuat rangka body pada kamera DSLR akan cukup besar dibandingkan kamera Mirrorless yang tanpa menggunakan cermin (mirror). Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

1935031L10-GF1-v10780x390
Perbedaan Struktur Body Kamera DSLR dan Mirrorless pada Panasonic

Sebenarnya konstruksi dasar dari DSLR tidak berubah dari era SLR yang masih belum digital dan menggunakan film. Pada era Digital ini, ruang untuk penempatan rol film pada kamera SLR diganti dengan circuit elektronik sensor dan segala macam detail ditambah lagi dengan slot memory. Mekasime cermin sama, dan operasi auto fokus juga sama menggunakan sistem yang disebut phase detection.

Intinya, meskipun banyak kemajuan teknologi yang diterapkan pada DSLR, namun sebenarnya secara bentuk tidak berubah sejak zaman SLR puluhan tahin yang lalu, malah dengen peynambahan beberapa LCD indikator, kamera DSLR untuk yang pro malah makin membesar ukurannya.

Screen Shot 2018-01-19 at 07.02.20

Sekarang kita coba melihat dari sisi Kamera Mirrorless, sesuai namanya yang Mirrorless artinya adalah tanpa cermin yang mulai populer sekitar tahun 2008. Seperti pada gambar penjelasan diatas tentang perbedaan struktur body kamera, pada kamera Mirrorless tidak ada pentaprisma, lalu cermin pemantul dan lainnya, sehingga kamera Mirrorless bisa lebih tipis.

Akibat dari tidak adanya cermin seperti kamera DSLR, Cahaya yang masuk dari lensa akan langsung masuk ke sensor sehingga apa yang kita lihat pada viewfinder adalah apa yang akan jadi hasil foto nantinya. Ini berbeda sekali dengan viewfinder DSLR yang membuat penggunanya harus menghitung eksposure untuk menduga hasilnya.

Dari sisi bentuk ukuran dan pengoperasian ini Kamera Mirrorless menawarkan kelebihan lebih simple dari kamera DSLR apalagi pada beberapa kamera Mirrorless sekarang sudah ada preset tones yang bagus dan mudah pengaplikasiannya.

Nah, untuk yang masih bingung untuk memilih antara kamera DSLR atau Mirrorless, silahkan dipertimbangkan beberapa poin berikut ini :

  1. Jika Anda ingin menggunakan kamera untuk keperluan foto traveling dan fun fotografi, butuh kamera dengan ukuran yang kecil, ringan namun dengan kemampuan dan kualitas yang bagus serta mempunyai preset post processing yang banyak, maka kamera Mirrorless adalah pilihan yang tepat. Karena dengan teknologi kamera Mirrorless yang terus berkembang, kualitas hasil kamera Mirrorles sudah banyak yang setara dengan DSLR, malah sekarang beberapa kamera Mirrorles sudah dibekali dengan sensor Full Frame.
  2. Namun jika anda butuh kamera untuk keperluan yang lebih serius, seperti foto pre-wedding, komersial atau hoby foto yang lebih serius. Dimana anda masih suka melakukan editing atau post processing menggunakan software seperti Lightroom dan Photoshop, maka kamera DSLR adalah pilihan yang paling tepat.

Namun seperti informasi yang saya sampaikan di awal, budget adalah pertimbangan yang utama, karena harga kamera Mirrorless sendiri bervariasi dari 5 jutaan hingga 30 jutaan, dan kamera DSLR juga berkisar antara 7 jutaan hingga 80 jutaan, belum temasuk lensanya 🙂

Semoga tulisan ini cukup membantu dalam memilih kamera dan selamat berkarya !

Salam,

Purnawan Hadi | www.purnawanhadi.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s